Review: Prolimatech MK- 13

Prolimatech. Mungkin di antara kalian semua belum pernah mendengar brand yang satu ini. Prolimatech merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan cooling devices. Contohnya, CPU Heatsink, VGA Cooler, RAM Cooler, Thermal Compund, kipas, dan lain- lain. Pada review kali ini, saya akan membahas salah satu produk langka dari Prolimatech, yaitu Prolimatech MK – 13.

Prolimatech MK – 13 bisa dibilang jarang ditemukan pada saat ini. Saat saya jalan- jalan ke Mangga Dua pada tanggal 28 Desember 2011 kemarin, saya hanya menemukan 2- 4 toko yang menjual produk ini. Ketika membuka website Prolimatech, bisa dilihat hanya ada 1 produk yang menghiasi bagian VGA Cooler, yaitu MK – 13. Dirilis pada bulan Agustus 2010, Prolimatech MK – 13 masih berjaya saat ini. Berikut beberapa cuplikan gambarnya.

Box + Kelengkapan

MK - 13 Batangan

Tampak Samping

Baseplate

Kondisi Terpasang

Kondisi Saat Dipasang Kipas

MK – 13 hanya bisa dipasang pada VGA ATI Radeon HD 4000 Series ( atau di bawahnya) dan nVIDIA 9800 GT ( atau di bawahnya). Dengan kata lain, produk ini tidak bisa dipasang di VGA yang beredar saat ini. Seperti GTX 460 atau AMD Radeon HD 6000 Series. Agar bisa dipasang, maka Prolimatech melengkapinya dengan GTX 460 Adapter Kit yang dibanderol seharga $ 5.00 ( harga eBay).

Saat ini, komputer saya dilengkapi dengan MK – 13 ini. Semenjak VGA saya di equip dengan produk ini, saya bisa meng- overclock nya tanpa rasa khawatir sedikitpun. Berbeda saat dilengkapi dengan heatsink reference. Menaikkan core clock sebesar 100 MHz saja harus dengan susah payah.

Ngomong- ngomong, VGA saya adalah ZOTAC GTX 560 Ti OC. Mempunyai core clock 850, VGA ini pernah mencapai suhu 70 derajat celcius saat full load atau 99 % VGA Usage. Namun, semenjak saya menancapkan MK – 13 di VGA saya, suhu di- VGA saya- menurun drastis. Yang sebelumnya 70 derajat celcius saat full load, menjadi 59 derajat saat full load. Ketika bermain game, sebut saja Assassin’s Creed: Revelations, suhu di VGA ini hanya mencapai 48 derajat celcius ( mengalami penurunan sebesar 18 derajat celcius dari kondisi normal).

Dengan harga berkisar Rp 500.000,00, mungkin produk ini dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang suka meng- overclock VGA anda. VGA ini pun dapat dilengkapi dengan 4 kipas. Hal ini dapat membuat sirkulasi udara sangat lancar dan membuat VGA anda adem ayem. Banyak nilai plus dari produk ini, salah satunya adalah adanya mounting kit yang dikeluarkan oleh Prolimatech. Berarti, ketika AMD atau nVIDIA mengeluarkan VGA baru, Prolimatech juga ikut mengeluarkan mounting kit yang sesuai dengan VGA baru tersebut. Hal ini membuat MK – 13 tetap kompatibel dengan VGA keluaran baru. Sayang, produk ini dapat menghabiskan banyak slot pada Casing anda. Mungkin, tidak memakai casing adalah salah satu solusi yang hebat. Jika anda ingin membeli produk ini, saya sarankan untuk pergi ke Foxhound yang berada di jembatan Mangga Dua Mal. Di situ, anda dapat menemukan produk ini lengkap dengan mounting kit- nya. Untuk mengetahui lokasi lebih lanjut, silahkan googling. Sekian review saya.

*Catatan: suhu di ruangan berkisar 27 derajat celcius. Tidak menggunakan AC. Saat kondisi full load, saya menjalankan aplikasi folding@home yang memacu VGA dan CPU saya untuk bekerja keras.

Kelebihan:
– Dilengkapi dengan 6 buah heatpipe
– Bisa dilengkapi dengan 4 kipas
– Adem
– Dilengkapi dengan mounting kit

Kekurangan:
– Besar
– Menghabisakan banyak slot
– Masih kalah dari Thermaltake Shaman
– Tidak bisa dipasang di- VGA terbaru ( GTX 460) tanpa menggunakan GTX 460 adapter kit ( kecuali anda menggunakan zip tie, baru anda bisa memasangnya)
– Barang sudah jarang ditemukan

Data Teknis
Heatsink Dimension: (L)205mm X (W)99.87mmX (H)43.5mm
Heatsink Weight: 550 g
Heatpipe: Ø 6mm X 6pcs
Suggest Fan: 90mm X 25mm ,120mm X 25mm ,140mm X 25mm
Suggest Fan Speed: 800~1600rpm
Suggest Noise Level (dBA): Below 26dBA
Air Flow: 57 CFM
Direction of heatsink: Faces the VGA card

By madewika Posted in Review

One comment on “Review: Prolimatech MK- 13

  1. Ping-balik: Review Gigabyte Radeon HD 7970 OC (GV-R797OC-3GD): Seri SuperOverClock Terkencang dari Gigabyte « Techno and It's Friends

Tinggalkan Balasan

